Sekilas Tentang KOMBI

This slideshow requires JavaScript.

Halo Biker, sudah ada yang pernah dengar komunitas motor KOMBI? Ada juga yang namanya mirip-mirip yaitu KOMBO. Namun sebelumnya Elang mau perkenalkan dulu sebuah komunitas biker yang mungkin salah satu komunitas  motor non mainstream. Adalah komunitas KOMBI yang merupakan singkatan dari Komunitas Muslim Bikers Indonesia.

Komunitas ini inisiator awalnya adalah dari Kang Salim (biker tanah Minang) yang 2013 lalu membuat group KOMBI di Facebook. Tanpa bermaksud mengeneralisir komunitas-komunitas motor pada umumnya, mungkin karena sudah bosan dengan aktivitas komunitas/klub yang begitu-begitu saja dan cenderung hanya kumpul-kumpul & have fun, bahkan gak sedikit yang dalam tanda petik melakukan “maksiat” di kalangan biker ketika lagi ngumpul-ngumpul, maka munculah ide untuk membuat wadah baru komunitas motor biker muslim yang bisa menampung silaturahim biker-biker muslim yang sehobi, doyan motor, doyan turing dan punya misi yang sama untuk belajar syariat agama Islam secara berjama’ah berpedoman pada Al Quran dan Sunnah Rasulullah SAW.

Dengan satu kesamaan dalam hobi kesukaannya terhadap motor, komunitas ini punya tagline “My Faith My Adventure”. Komunitas Kombi selalu mencari jadwal kajian ulama-ulama sebagai momentum untuk sekalian kopdar, salah satunya ke Ustadz Subhan Bawazier. Jadi ngaji dulu baru kopdar setelahnya, jadi semangat adventurenya adalah berburu kegiatan kajian.

Selain mengikuti kajian rutin berbarengan dengan kopdar, KOMBI juga memiliki kegiatan tadabur alam, berkunjung ke tempat-tempat menarik sembari beribadah mulai dari qiyamul lail, sholat Subuh berjamaah dan sedikit tausiah dari ustadz atau salah satu member. Istilahnya dari kegiatan ini, penyaluran hobi turing terpenuhi, pahala juga insyaallah diraih, jadi seimbang antara dunia akhirat.

Seperti yang diadakan hari Jum’at kemarin (17/03), beberapa rekan biker Kombi chapter Jabodetabek berangkat menuju Pusat Kajian Hadits Bogor yang bertempat di desa Cinagara, Kecamatan Caringin. Tempatnya cukup bagus sob viewnya jika dari atas, dimana di lereng didesain seperti perbukitan kota Mekkah, ada bangunan miniatur Ka’bah dibawahnya tempat dilakukan manasik umroh.

Selain tadabur alam, agenda lainnya yang menarik adalah latihan memanah, Elang gak sampai puas latihan memanahnya karena pagi-pagi jam 8 harus sudah pamit duluan balik ke Jakarta 🙁

Selain memanah acara juga berlanjut mengunjungi curug Cikaracak, ya ketemu sumber air di perbukitan pastinya selalu memberikan kesegaran sendiri, baik kesegaran badan juga bisa menyegarkan pikiran.

Ohya Komunitas Kombi sendiri sudah tersebar di berbagai daerah di tanah air, bahkan di Bali pun sudah ada. Fyi, member-member bangkotan di Kombi sendiri rata-rata dari eks pengguna motor Pulsar, dan banyak berasal dari NWI (Naked Wolf Indonesia) yang notabene pengguna motor Pulsar 200 NS.

Jika sobat biker tertarik bergabung di Komunitas Muslim Bikers Indonesia, monggo join ke group FB, ada juga group obrolan WAnya jika ingin lebih interaktif berkomunikasi dengan rekan-rekan Kombi se-nasional.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: